Makaroni Panggang

12 11 2011

Bikin makaroni panggang yukkkk…….Makanan ini kesukaan my hubby. Dengan bahan seadanya sesuai  stok bahan dirumah akhirnya jadi juga sih.

Bahan :

- 400 gr makaroni, direbus di air yang telah diberi sedikit minyak dan tiriskan

- Daging sapi giling/Kornet

- Sosis/Smoked beef/Smoked chicken

- 1 bks keju kraft, diparut

- 1 buah biji pala, haluskan

- Susu cair secukupnya

- 10 butir telur ayam

- 1 butir ayam untuk pengoles sebelum dipanggang

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

Cara memasak :

Campur semua bahan, aduk rata. Kalau mau mencoba dipanggang sedikit dulu. Kemudian koreksi rasanya.  Setelah pas masukan kedalam loyang/pyrex. Kemudian kukus hingga matang. Angkat. Beri telur kocok dan taburi keju diatasnya. Kemudian panggang 15 menit sampai keju kekuningan.





Bihun Thailand Pedes Mampus

11 11 2011

Hari ini tanggal 11-11-11. Semua orang menginginkan hari ini menjadi hari yang istimewa. Ada yang married, melahirkan anak, acara pembukaan Sea Games ke 26 di Palembang pun diadakan ditanggal 11-11-11.

Wah kalau gw mau ngapain yah?? Bikin postingan makanan yang super pedes aja deh. He..he..he.. (Maksa yah)

Mau masakan yang menantang air liur?? Cobain deh resep ini. Rasanya sangat menantang air liur nih. Asam, asin, gurih, wangi sereh dan pastinya pedessss banget.

Bahan :

-          Bihun jagung, direbus, beri minyak sayur supaya tidak menyatu

-          Smoked chicken dipotong kecil memanjang

-          Telur ayam di goreng orak-arik

-          Jamur kuping, direndam, dipotong halus panjang

-          Ayam fillet, di potong kecil, panjang

-          Serai dibersihkan dan dipotong serong, memanjang ukuran agak besar dan dikeprek

-          Tauge

-          Wortel import dipotong sebesar korek api.

-          Daun Kemangi

-          Bawang goreng

-          Jeruk nipis, peras ambil airnya

-          Cabe rawit merah dipotong bulat

-          Kecap asin ikan

-          Royco

-          Minyak sayur untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

-          Bawang merah

-          Bawang putih

Cara memasak :

Bihun jagung diberi kecap asin ikan aduk rata, sisihkan.

Tuangkan minyak sayur secukupnya, masukan bawang merah dan putih yang telah dihaluskan dan serai. Tumis hingga harum. Masukan ayam fillet, smoked chicken. Tumis hingga matang. Masukan cabe rawit. Aduk lagi. Masukan wortel, jamur kuping, jeruk nipis, royco.

Masukan bihun, aduk rata. Koreksi rasanya. Terakhir masukan telur orak arik, tauge dan kemangi. Angkat dan hidangkan. Beri taburan bawang goring diatasnya.





Mikung (Mie Kangkung)

6 11 2011

Gw inget banget, dulu kalo sore ada tukang mie kangkung yang lewat depan rumah. Hmmmm rasanya yummy banget. Terutama buat yang suka mie dengan rasa asem, pedes,asin, berkuah panas. Yang bikin menggiurkan adalah wangi  peresen jeruk limonya itu lho yang bikin gimana gitu….. Kalo jaman dahulu penjual mikung ini menggunakan daging babi. Namun saat ini jarang sekali yang menggunakan daging babi, mungkin supaya bisa diperdagangkan secara luas dan bebas, mikung ini menggunakan daging ayam.  Menu ini favorit dikeluarga gw dan dikalangan tetangga gw (kalo bikin tetangga suka dibagi). Nah ini dia resepnya.

Bahan :

- 500 gram daging ayam fillet dipotong kecil-kecil

- 1 Ons juhi kering, direndam dan dipotong kecil-kecil

- 1 bungkus mie kering cap ayam/cap atom bulan

- 2 ikat kangkung

- 250 gram tauge

- Kecap manis secukupnya

- 2  sdm saos tiram

- Kecap asin secukupnya

- Garam, gula pasir dan lada secukupnya

- 1 liter air

- 5 buah bawang merah diiris halus

- 5 buah bawang putih diiris halus

- 2 sdm minyak sayur

Sambal :

- 10 cabe rawit

- 15 kacang tanah yang digoreng kemudian dihaluskan

- Garam secukupnya

Pelengkap :

- Jeruk Limo

- Bawang goreng

Cara memasak :

Kuah

Panaskan minyak sayur, masukan bawang merah, bawang putih, tumis hingga harum. Masukan ayam dan juhi hingga kaku, kemudian tuangkan air. Tunggu sampai mendidih, kemudian masukan saus tiram, kecap asin, lada, garam, gula, kecap manis. Koreksi rasanya sampai sesuai selera. Rebus terus sampai kira2 15 menit dan daging ayam serta juhi empuk. Angkat sisihkan.

Rebus mie kemudian sisihkan.

Sambal

Rebus cabai hingga lunak, kemudian haluskan. Setelah halus, masukan kacang tanah, beri garam dan air hangat. Sisihkan

Cara menghidangkan :

Rebus kembali mie, kangkung dan tauge. Masukan kedalam mangkuk. Siram dengan kuah yang masih panas. Beri perasan jeruk limo dan bawang goreng. Dan bila suka pedas berikan sambal. Makan selagi hangat.





Daging Sapi Balado Basah

6 11 2011

Berawal dari tante gw yang sering bawain makanan ini, akhirnya gw berminat juga untuk bikin. Berdasarkan informasi resep dari hasil tanya jawab, dan indera pengecap (yang udah pernah ngerasain rasanya) akhirnya jadilah Daging Sapi Balado Basah bikinan sendiri.

Bahan :

500 Kg daging sapi has dalam

10    Buah cabe merah yang besar, dibuang bijinya

3       Buah tomat

5       Siung bawang merah

3      Siung bawang putih

Asem Jawa secukupnya

Air kelapa secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Daun salam secukupnya

Lengkuas secukupnya (dikeprek)

Cara Memasak :

Potong daging sapi sesuai selera namun jangan terlalu tebal dan terlalu tipis. Rebus daging sapi bersama dengan air kelapa sampai daging empuk, setelah itu sisihkan daging sapi dari sisa air kelapa yang tersisa.

Masukan bawang putih, bawang merah, tomat, cabe kedalam sisa rebusan air kelapa. Masak hingga empuk. Kemudian angkat dan tiriskan. Sisa air kelapa jangan dibuang.

Ulek kasar bawang putih, bawang merah, tomat, cabe. Kemudian tumis seluruh bahan tersebut. Masukan sisa rebusan air kelapa,  daun salam, lengkuas, air asam jawa, gula, garam koreksi rasanya.

Setelah rasanya sudah pas masukan daging sapi yang telah direbus tadi. Masak hingga bumbu meresap. Setelah meresap angkat dan hidangkan dengan bawang goreng.





Lomie Karet

6 11 2011

Awalnya saya makan Lomie Karet ini, di sebuah RM di kawasan dekat pasar Palmerah. Mie yang bentuknya seperti cacing itu awalnya membuat saya geli untuk makan. Tapi setelah mencoba rasanya hmmmmm yummy…..
Karena waktu untuk memasak Lomie ini cukup lama, akhirnya setiap kali mau makan disana, saya pasti pesan lewat telepon dulu 1/2 jam sebelumnya. Jadi kalo saya tiba nunggunya ga terlalu lama. Resep ini adalah rekaan saya, btw kata my hubby sih mirip.

Bahan :

- 500 gram lomie karet
– 100 gram jamur hioko, di cuci, direndam, di iris 1/2 cm, air rendaman jangan
dibuang
– 50 gram udang kering, dicuci, direndam, air rendaman jangan dibuang
– 200 gram ayam daging dada diiris tipis
– 10 buah baso ikan
– 3 butir telur ayam
– 2 liter air
– Sawi hijau secukupnya potong 5 cm
– Sawi putih secukupnya potong 5 cm
– 3 sdm saos tiram
– kecap asin secukupnya
– 2 sdm gula
– lada secukupnya
– 3 siung bawang putih, dikeprek
– 2 sdm minyak sayur
– 2 sdm minyak wijen

Cara memasak :
Tumis bawang putih hingga harum dengan minyak sayur, masukan daging ayam, baso ikan, jamur hioko & udang kering tidak termasuk airnya,setelah harum masukan air rendaman jamur dan udang, tambahkan air, biarkan mendidih, masukan lomie, setelah mendidih masukan bumbu-bumbu, saos tiram, gula, lada, kecap asin, koreksi rasanya. Rebus masakan terus hingga lomie lembut, kalau kurang air tambahkan lagi dan koreksi rasanya kembali.

Setelah lomie lembut dan rasanya pas, masukan sawi hijau dan sawi putih, telur aduk cepat, dan terakhir minyak wijen. Setelah mendidih kembali lomie karet siap dihidangkan.

Tips :
– Lomie karet bisa ditemukan dipasar glodok.
– Enak dimakan bersama acar ketimun dan sambel saus cabe
– Dimakan selagi panas
– Bila mau dibawa atau dimakan belakangan, mie dan kuah ditaro terpisah





Baso Lo Hoa

6 11 2011

Hidangan baso lo hoa ini merupakan salah satu favorite saya nih…Untuk anak-anak sangat baik karena ada campuran sayur di basonya. Yuk kita bikin…

Bahan Kuah :

- 2 buah (250 gr) wortel,potong serong bisa juga dibentuk sesuka hati
– 5 gr jamur kuping, rendam potong 3 X 3 cm
– 1,5 liter kaldu ayam
– 100 gr kapri manis dibuang sudutnya saja
– 3 siung bawang putih, memarkan
– 1 sdt gula pasir
– 1 tangkai daun bawang, iris serong
– 1 tangkai daun seledri, iris sedang
– 1 sdm bawang putih goreng
– Garam secukupnya

Bahan Baso :
– 200 gr daging dada ayam, cincang halus
– 100 gr udang, cincang halus
– 10 gr ebi, sangrai, haluskan
– 3 cm wortel, cincang halus
– 5 gr jamur kuping, rendam , iris halus
– 25 gr soun, rendam sampai mekar, iris halus
– 1 butir putih telur
– 1 sdm tepung kanji
– 1 sdt gula pasir
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya

Cara membuat :
Baso
Campur semua bahan dan bentuk bulatan kira-kira 15 bulatan, kemudian kukus. Setelah matang, angkat sisikan

Kuah
Didihkan kaldu ayam, masukan bawang putih yang telah dimemarkan, baso yang telah dikukus,wortel,jamur kuping, garam, gula, setelah wortel matang koreksi rasanya. Setelah pas masukan sisa sayuran, terakhir masukan bawang putih goreng.
Baso Lohoa siap dihidangkan





Ikan Masak Cao

6 11 2011

Sebagai pencinta ikan, hari ini saya mencoba masak ikan Cao. Rasanya asem, asin, manis. Pokoknya segar deh. Ini makanan sehat lho, dan jauh dari kolesterol. Yuk kita masak…..

Bahan:
– 500 gr Ikan kakap/gurame
– 2 buah sayur asin
– 2 sdm cao haluskan dan beri air
– 1 sdm angkak haluskan, beri air dan saring
– 2 cm jahe iris tipis
– 2 siung bawang merah iris tipis/ulek
– 3 siung bawang putih iris tipis/ulek
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– Merica secukupnya
– Air

Cara memasak :
Cuci ikan sampai bersih, buang sisiknya. Potong ikan dengan ukuran sedang, kemudian rendam dengan air garam sebentar. Setelah 5 menit goreng ikan dengan minyak, tapi jangan sampai garing. Sisihkan

Tumis bawang merah, bawang putih dan jahe dengan minyak hingga harum. Masukan air Cao dan angkak, tambahkan air hingga banyak. Setelah mendidih, masukan sayur asin. Beri garam, merica dan gula. Setelah mendidih kembali masukan ikan goreng. Koreksi rasanya. Setelah mendidih kembali diamkan 5 menit dengan api sedang. Setelah itu matikan kompor, dan pindahkan masakan ke mangkuk. Dan makanan pun siap untuk dihidangkan.








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.