Guangzhou, 12-14 April 2011

31 12 2011

12 April 2011

Rute : Guangzhou railway station–> Hotel Grand Continental Service Apartment–>Lunch di KFC Pertokoan Beijing Lu–>Yue Xiu Park–>Pertokoan Shang Xia Ju Lu–>Dinner di Happy Restaurant–>Hotel

Setelah hampir 11 jam tibalah kami di Guangzhou, karena bawaan udah mulai banyak akhirnya kita naik taxi ke hotel seharga RMB 34. Hotelnya lumayan enak dan bersih, letaknya di dekat pertokoan Beijing Lu atau Beijing Road (Sama aja sih). Tak jauh dari depan hotel adalah lokasi Pearl Li River. Kami pesan hotel ini melalui kenalan orang medan yang tinggal di Guangzhou seharga RMB 270. Kami dapat dilantai yang tinggi, jadi pemandangannya bagus, bisa lihat pemandangan Pearl Li River diwaktu malam.

Perjalanan pertama kita makan siang dulu di KFC Beijing Lu, jalan2 sebentar kemudian kita ketemu dengan saudara dari teman saya yang tinggal di Guangzhou, karena ini kunjungan saya yang ke 2 jadi saya sudah kenal, dan bagi saya seperti mengunjungi saudara di Guangzhou. Enaknya kalau ada kenalan seperti ini, perjalanan lebih lancar, karena ada penunjuk jalannya. Tinggal sebut aja mau kemana. Pasti diantar walaupun naik bis, tapi menyenangkan, dan untuk makanan pun kita bisa menikmati makanan yang enak2 dan gratis lagi….hehehehehe…

Kemudian kami naik bis ke Yue Xiu Park, yaitu taman yang terkenal dengan Patung 5 Kambingnya sebagai lambang kota Guangzhou. Kemudian kita pergi ke pertokoan Shang Xia Jiu Lu. Dipertokoan ini banyak patung yang lucu2 dan unik. Karena kami bukan shopholic, jadi kami cuma lihat2 aja dan hanya membeli beberapa barang aja sih. Malamnya kami diajak dinner di Happy Restaurant. Makanannya Enak banget…..

13 April 2011

Rute : Traditional Market Baiyun Shan–>Breakfast–>Baiyun Shan–>Lunch didekat Baiyun Shan–>Grosir Tas (Sanyuanli?)–>Beijing Lu–>Dinner dekat beijing lu–>Pearl Li River–>Hotel 

Ke negara manapun saya pergi, tempat favorit saya adalalh traditional market hehehehe, mungkin aneh buat sebagian orang, tapi setelah saya ngobrol2 dengan teman2 lain, ternyata banyak orang yang kesukaannya sama seperti saya. Alhasil saya diajak kepasar di dekat Baiyun Shan, dipasar ini saya bisa beli aneka jamur dan produk dapur lainnya dengan harga murah. Pasar adalah surga buat saya…. Dan ternyata teman saya lebih parah lagi, dia beli beras buat bawa pulang ke Indo. Dia masih terbayang2 dengan enaknya beras di Guilin. Weleh2….

Setelah berbelanja, kami titip belanjaan dengan kenalan yang mengantar kami, tapi dia ga naik ke Baiyun Shan. Mereka menunggu dibawah. Lumayan kan jadi ga berat.

Kami keatas naik cable way, kalau naik pakai kaki ga kuat deh. Udara dingin menambah kesenangan kami, ditambah lagi pemandangan bunga2 yang indah, dan tempat yang bersih.

Setelah puas foto2 diatas, kami turun lagi naik cable way, dan kami sudah ditunggu untuk lunch diresto sebelah kiri pintun masuk baiyunshan yang ada cable waynya.  Restonya ramai, makanannya lumayan enak dan ada es kelapa bulat lho, tapi anehnya cuma airnya aja yang diminum, ketika saya minta untuk dibelah mau dimakan isinya mereka bingung. hehehehe

Setelah lunch, kami diajak kerumah teman yang mengantar kami, dibawah apartmentnya ada pasar. Saat kunjungan pertama saya dulu, saya banyak beli oleh2 di pasar ini. Setelah itu kami pergi ketempat grosir tas, saya ga tau persis namanya mungkin Sanyuanli. Di tempat ini, benar2 grosir tas, harganya memang murah, tapi ampun deh…..belinya harus banyak minimal 50. Dan barangnya ga ready stock, harus pesan. Agak frustasi juga belanja disini, barang bagus, harga murah tapi harus beli banyak. Akhirnya kami menemukan toko yang bisa menjual satuan.

Setelah belanja tas, kami diajak makan malam, di dekat beijing lu, makanannya enaaakkkk banget, tapi sayangnya bahasa dan hurufnya mandarin, jadi saya ga bisa tau apa nama tempatnya. Dan lagi karena yang mengajak makan orang lokal, jadi mereka tau makanan enak dan yang lagi promo. Jadi makan banyak tapi murah. Makan kira2 12 orang cuma Rp. 400 ribuan.

Setelah makan, saya mampir sebentar untuk beli aneka teh untuk oleh2. Kemudian balik hotel dan naik kapal menyusuri Pearl Li River. Harga tiketnya bermacam2, ternyata harga nya tergantung dari jenis kapal yang kita naikin, dan ada servicenya diatas, berupa makanan. Akhirnya kita milih yang harganya RMB 78. Dapat snack dan minum. Wah ternyata naik kapal ini, keren banget. Kita diajak menyusuri sungai dengan pemandangan gedung2 tinggi dengan lampunya yang keren banget.  Setelah puas akhirnya kami balik kehotel untuk packing. Karena besok kami harus berangkat lagi ke Shenzhen.

14 April 2011

Rute : Belanja dekat hotel–>Guangzhou railway station–>Shenzhen

Bangun pagi, saya menyempatkan diri untuk belanja tas2 yang bisa dilipat2 kecil. Saya pikir ini cocok untuk oleh2 karena ga berat, harganya berkisar RMB 10- RMB 35. Kemudian sarapan pagi, makananya rada aneh. Karena kita belinya di pertokoan dibawah apartemen. Setelah itu kami ambil barang dan naik MRT dan naik kereta ke Shenzhen deh.








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.